Selasa, 28 Februari 2017

Trik agar mobil bisa tetap awet walau memakai bio solar

Penulis sebelumya sudah membahas bagaimana bio solar juga bisa mempengaruhi oli mesin sehingga membuat oli mesin jadi lebih pendek masa pakainya. Bahan FAME membuat baik solarnya atau oli mesin menjadi lebih mudah teroksidasi dan terdegradasi atau terurai. Di luar negeri, walau sama sama dari bahan minyak kelapa sawit, mereka sudah meninggalkan FAME dan menggunakan HVO atau BTL.

Link: Alasan mengapa bio solar bisa merusak mesin adalah juga karena bisa mempengaruhi oli mesin

Mungkin idealnya adalah menghindari memakai bio solar. Namun sekarang ini pom bensin banyak yang hanya menyediakan bio solar saja. Jadi agak sulit untuk menghindari memakai bio solar apalagi kalau sedang berada di tempat terpencil.

Hal yang bisa dilakukan untuk bisa membuat mobil tetap awet walau terpaksa harus menggunakan bio solar adalah:

- Jangan isi full tank, jangan mengisi tangki sampai penuh, isi sesuai dengan pemakaian yang bisa dihabiskan sebelum satu bulan.
Ini karena bio solar itu cepat terdegradasi. Dan setelah terdegradasi akan muncul kandungan air dalam solar. Bila parah, akan juga menyebabkan timbulnya bakteri yang menyebabkan bio solar menjadi seperti lumpur yang akan bisa menyumbat atau merusak sistem bahan bakar, baik dari selang, injektor atau pompa. Waspada juga bila mengisi pada pom bensin yang sepi.

- Lebih sering ganti filter bahan bakar.
Bio solar lebih cenderung menimbulkan kotoran di tangki bahan bakar, jadi filter bahan bakar harus lebih sering diganti. Bila masih baru pertama kali pakai juga disarankan ganti lebih sering lagi.

- Pakai oli mesin yang punya sifat anti oksidasi lebih baik.
Bio solar membuat oli mesin mudah rusak. Karena itu dibutuhkan oli yang lebih awet. Pilih oli yang ditujukan untuk pemakaian jangka panjang atau long drain interval. Bila tidak ada, maka sebaiknya mengganti oli dua kali lebih sering. Bila ingin melakukan uji laboratorium untuk oli, maka periksakan oksidasi, fuel dilution, pengurangan viskositas, keberadaan bakteri dan kandungan air.

- Selalu ganti filter oli setiap ganti oli
Bahan FAME sangat merusak oli sehingga filter oli jadi lebih mudah buntu. Untuk membuat mesin bekerja tanpa gangguan, pastikan untuk lebih sering mengganti filter oli. Ganti juga filter setiap ganti oli. periksa juga keberadaan sludge.

- Waspada terhadap korosi
Karena degradasi dari bio solar juga menimbulkan asam, maka periksa kemungkinan korosi baik di saluran bahan bakar atau bagian mesin yang terlumasi

- Waspada pada penumpukan karbon
Oli yang terdegradasi akan lebih beresiko menimbulkan karbon. Sehingga pastikan tidak ada karbon. Entah apakah carbon clean model semprotan bisa membantu atau tidak dalam hal ini.

- Menggunakan alat yang bisa mengurangi oksidasi dan keasaman.
Penulis punya alat yang namanya pro capacitor dan cemenite. Biasanya dipakai untuk meningkatkan tenaga. Bahan bakar menjadi lebih mudah terbakar, api kompor gas menjadi makin panjang dan biru. Jadi biasanya dipakai untuk biar lebih irit dan agar akselerasi lebih enak. Tapi cemenite juga sering penulis pakai untuk membuat makanan lebih awet. Minuman yang asam juga bisa menjadi lebih manis. Ada kemungkinan pro capacitor dan cemenite bisa membantu. Pro capacitor itu produk jadi, sementara cemenite bisa buat sendiri. Bisa dicari petunjuk pembuatannya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar